Breaking News

SOSOK Kisah Biarawati Pemberani yang Selamatkan 83 Anak Yahudi 08 Sep 2020 11:45

Article image
Hélène (kiri), Annie (kanan) bersama Suster Denise di tugu peringatan - Albert Seifer berdiri di belakang. (Foto: BBC.com)
Suster Denise tetap tinggal di biara dan terus bekerja sampai kematiannya pada tahun 2006 pada usia 94 tahun.

DUA gadis Yahudi dari timur laut Perancis menemukan diri mereka dalam bahaya besar ketika Jerman menginvasi 80 tahun lalu. Tetapi sementara orang tua dan adik perempuan mereka ditangkap dan dibunuh, mereka selamat - bersama puluhan anak Yahudi lainnya - berkat keberanian seorang biarawati di sebuah biara dekat Toulouse.

Sebagaimaa dikisahkan kembali BBC.com (6/9/2020), Hélène Bach yang berusia dua belas tahun sedang bermain di taman bersama adik perempuannya, Ida, ketika mereka melihat sebuah truk militer mendekat dan bergegas masuk.

Kedua gadis dan ibu mereka telah meninggalkan rumah mereka di Lorraine, timur laut Prancis, setelah invasi Jerman pada Mei 1940 dan mulai melakukan perjalanan menuju "zona bebas" di selatan negara itu.

Untuk mengurangi risiko seluruh keluarga ditangkap, diputuskan bahwa ayah, Aron, dan putri sulungnya, Annie, akan melakukan perjalanan secara terpisah. Tetapi ketika Aron dan Annie ditangkap pada tahun 1941 dan dibawa ke kamp penahanan dekat Tours, ibu Hélène menyewa sebuah rumah di dekatnya. Dan mereka masih di sana setahun kemudian, ketika tentara Jerman datang ke jalan raya.

Hélène dan Ida yang berusia delapan tahun berlari ke dapur untuk memperingatkan ibu mereka.

"Ibuku menyuruh kami lari - bersembunyi di hutan," kata Hélène.

"Aku sedang menggendong adik perempuanku tapi dia tidak mau ikut denganku. Dia ingin kembali ke ibuku. Aku bisa mendengar suara orang Jerman. Aku melepaskan tangannya dan dia lari kembali."

Terisolasi di hutan, Hélène bersembunyi sampai dia merasa pantai sudah aman.

Kemudian dia merangkak kembali ke rumah dan menemukan sejumlah uang yang ditinggalkan ibunya di atas meja.

"Dia tahu aku akan kembali," katanya.

Hélène pergi untuk tinggal dengan seorang teman di daerah itu. Dia tidak pernah melihat ibu atau adik perempuannya lagi.

Kakak perempuan Hélène, Annie, memiliki jalan keluar yang sempit. Setelah setahun di kamp dekat Tours, dia berhasil melarikan diri melalui pagar dan melarikan diri.

Pada usia 16 tahun, kali ini Annie berhasil melakukan perjalanan sendirian ke rumah bibinya di selatan kota Toulouse, tetapi bahkan di sana dia tidak aman. Meskipun keluarga bibinya tidak secara resmi terdaftar sebagai orang Yahudi dan dapat berpura-pura menjadi Katolik, ini bukanlah pilihan yang terbuka bagi Annie.

 

Percaya pada keajaiban

Suatu hari di musim gugur tahun 1942, polisi menelepon di pintu "Mereka memerintahkan, 'Tunjukkan buku keluarga Anda dan semua anak Anda, kami ingin memeriksanya!'" Katanya.

"Keberuntungan dalam hidup saya adalah sepupu saya, Ida, pergi untuk membeli roti - itulah mengapa kadang-kadang saya percaya pada keajaiban. Jadi bibi saya mengatakan ini adalah Estelle, Henri, Hélène dan, sambil menunjuk ke arah saya, Ida."

Tidak lama setelah kedatangan Annie di Toulouse, bibinya menerima surat dari Hélène, dari tempat persembunyiannya di dekat Tours. Dia kemudian mengatur agar dia bisa diselamatkan.

Jadi suatu malam seorang wanita muda dari Perlawanan Prancis, Maquis, mengetuk pintu rumah tempat Hélène menginap.

"Dia mengatakan bahwa dia datang untuk mencari saya, untuk melewati garis demarkasi," kenang Hélène. Untuk menunjukkan bahwa dia dapat dipercaya, pengunjung mengeluarkan foto Hélène yang telah disediakan oleh bibinya.

Itu adalah perjalanan yang sulit. Wanita muda itu memiliki dokumen palsu di mana dia dan Hélène digambarkan sebagai siswa, meskipun Hélène masih sangat muda. Mereka dihentikan dan diinterogasi beberapa kali.

"Zona bebas" di selatan Prancis tidak sesuai dengan namanya. Pemerintah Marsekal Philippe Pétain, yang berbasis di Vichy, mengeluarkan undang-undang anti-Yahudi, mengizinkan orang-orang Yahudi yang ditangkap di Baden dan Alsace Lorraine untuk diinternir di wilayahnya, dan menyita aset Yahudi.

 

Uskup Agung Toulouse

Pada tanggal 23 Agustus 1942, Uskup Agung Toulouse, Jules-Geraud Saliège, menulis surat kepada para pastornya, meminta mereka untuk membacakan surat kepada jemaat mereka.

"Di keuskupan kita, adegan-adegan mengharukan telah terjadi," lanjutnya. "Anak-anak, wanita, pria, ayah, dan ibu diperlakukan seperti kawanan rendahan. Anggota satu keluarga dipisahkan satu sama lain dan dibawa pergi ke tujuan yang tidak diketahui. Orang Yahudi adalah pria, wanita Yahudi. Mereka adalah bagian dari umat manusia; mereka adalah saudara kita seperti banyak orang lainnya. Seorang Kristen tidak bisa melupakan ini. "

Dia memrotes otoritas Vichy tentang kebijakan Yahudi mereka, sementara sebagian besar hierarki Katolik Prancis tetap diam. Dari 100 uskup Prancis, dia adalah satu dari hanya enam yang berbicara menentang rezim Nazi.

Pesan Saliège menyentuh hati Suster Denise Bergon, ibu muda pemimpin Biara Notre Dame de Massip di Capdenac, 150 km (93 mil) timur laut Toulouse.

"Seruan ini sangat menyentuh kami, dan emosi seperti itu merebut hati kami. Tanggapan yang baik atas surat ini adalah bukti kekuatan agama kami, di atas semua pihak, semua ras," tulisnya setelah perang tahun 1946.

"Itu juga merupakan tindakan patriotisme, karena dengan membela yang tertindas kami menentang para penganiaya."

 

Sekolah asrama

Biara itu menjalankan sekolah asrama dan Suster Denise tahu adalah mungkin menyembunyikan anak-anak Yahudi di antara murid-murid Katoliknya. Tapi dia khawatir akan membahayakan sesama biarawati, dan tentang ketidakjujuran yang ditimbulkannya.

Uskupnya sendiri mendukung Pétain sehingga dia menulis kepada Uskup Agung Saliège untuk meminta nasihat. Dia mencatat tanggapannya dalam jurnalnya: "Ayo berbohong, ayo berbohong, putriku, selama kita menyelamatkan nyawa manusia."

Pada musim dingin tahun 1942, Suster Denise Bergon mengumpulkan anak-anak Yahudi yang bersembunyi di lembah berhutan dan ngarai di sekitar Capdenac, yang dikenal sebagai L'Aveyron.

 

Berlindung di biara

Ketika penangkapan orang-orang Yahudi meningkat - yang dilakukan oleh pasukan Jerman dan, dari tahun 1943, oleh milisi fasis, Milice - jumlah anak-anak Yahudi yang berlindung di biara pada akhirnya membengkak menjadi 83.

Di antara mereka adalah Annie Beck, yang bibinya menyadari bahwa dia akan lebih aman di sana daripada di Toulouse, segera diikuti oleh Hélène, dibawa langsung ke biara oleh pembimbingnya dari Perlawanan.

Hélène akhirnya merasa aman, meski diliputi emosi saat kedatangannya.

"Pada awalnya, Madame Bergon membawaku ke sebuah ruangan dan dia mencoba membuatku merasa seolah-olah orang tuaku ada di sini, jadi dia benar-benar seperti seorang ibu," katanya.

Pada saat yang sama, nasib adik perempuannya, Ida, sangat membebani dirinya.

"Setiap malam, pertama-tama kami harus mengerjakan pekerjaan rumah kami. Dan setelah selesai kami bisa keluar dan bermain. Saya selalu berpikir jika saudara perempuan saya tidak melepaskan tangan saya, dia akan berada di biara bersama saya," dia kata.

Pengungsi Yahudi lainnya dari Alsace Lorraine adalah seorang anak laki-laki bernama Albert Seifer, yang beberapa tahun lebih muda dari saudara perempuannya.

"Dikelilingi tembok besar, kami seperti berada di dalam benteng," katanya. "Kami dulu sangat bahagia." Kami tidak benar-benar merasakan perang meskipun fakta bahwa kami dikelilingi oleh bahaya. "

Orang tua dan wali akan mengirim anak-anak mereka dengan uang, perhiasan, atau barang berharga lainnya untuk membayar biaya perawatan anak-anak, sebelum mereka melakukan yang terbaik untuk melarikan diri dari Prancis. Suster Denise membuat catatan yang cermat.

"Sejak awal 1944, penangkapan orang-orang Yahudi menjadi lebih ketat dan banyak," kenangnya pada tahun 1946. "Permintaan datang dari semua sisi dan kami menerima sekitar 15 gadis kecil, beberapa di antaranya baru saja melarikan diri dengan cara yang ajaib dari kejaran Gestapo. "

Dia menambahkan: "Mereka baru saja menjadi anak-anak kami, dan kami telah berkomitmen untuk menderita segalanya agar dapat mengembalikan mereka dengan selamat ke keluarga mereka."

 

Menyamar sebagai anak komunis

Selain Suster Denise, hanya direktur sekolah, Marguerite Rocques, pastor dan dua suster lainnya yang mengetahui kebenaran tentang asal-usul anak-anak. Sebelas biarawati lainnya sadar bahwa sejumlah anak adalah pengungsi dari Alsace-Lorraine, tetapi tidak tahu bahwa mereka adalah orang Yahudi - dan juga para pejabat yang diminta Suster Denise untuk mendapatkan lebih banyak buku jatah.

Kurangnya keakraban anak-anak dengan ritual Katolik mengancam akan memperlihatkan siapa mereka, tetapi penjelasan ditemukan.

"Kami datang dari timur Prancis, tempat dengan banyak kota industri dan banyak pekerja komunis," kata Annie. "Jadi kami menyamar sebagai anak komunis yang tidak tahu apa-apa tentang agama!"

Semakin lama perang berlanjut, semakin berbahaya posisi anak-anak tersebut dan Suster Denise mulai mengkhawatirkan kemungkinan penggeledahan.

"Meskipun semua surat berharga dan perhiasan dari keluarga anak-anak telah disembunyikan di sudut paling rahasia di rumah, kami tidak merasa aman," tulisnya dalam jurnal tahun 1946.

"Jadi, pada larut malam, ketika semua orang sudah tidur di rumah, kami menggali lubang untuk benda-benda tersembunyi di taman biara dan kami mengubur sedalam mungkin apa pun yang dapat membahayakan."

Pada Mei 1944, sebuah Divisi SS elit yang dikenal sebagai Das Reich tiba di daerah itu dari front Timur.

Sekitar waktu ini, Annie ingat bahwa seorang anggota Perlawanan datang dengan peringatan yang mengkhawatirkan.

"Suatu hari bel pintu berbunyi. Karena saudari yang bertanggung jawab atas pintu itu agak jauh, aku membukanya sendiri," katanya.

"Seorang pria muda sedang berdiri di sana. Dia berkata: 'Cepat! Saya harus berbicara dengan direktur Anda! Ini sangat, sangat mendesak!'

"Pria itu memberi tahu kami bahwa kami telah dikecam. Berita telah menyebar bahwa biara itu menyembunyikan anak-anak Yahudi."

Suster Denise membuat rencana dengan Resistance, yang setuju untuk melepaskan tembakan peringatan jika musuh mendekat.

"Anak-anak akan pergi tidur, yang lebih tua berpasangan dengan yang lebih kecil dan, pada ledakan pertama terdengar di malam hari, dalam keheningan tetapi dengan tergesa-gesa, mereka harus pergi ke hutan dan meninggalkan rumah kepada penjajah," tulisnya pada tahun 1946.

Tetapi segera dia memutuskan untuk menyembunyikan anak-anak tanpa menunggu penjajah datang. Satu kelompok, termasuk Annie, dibawa ke kapel.

"Pastor itu kuat dan bisa mengangkat bangku. Dia membuka pintu jebakan. Kami meluncur di sana," katanya.

Ruang bawah tanah kecil itu memiliki panjang 2,5m dan tinggi kurang dari 1,5m.

Tujuh anak berkumpul di sana selama lima hari. Mereka tidak dapat berdiri atau berbaring untuk tidur pada malam yang panjang, dan hanya diperbolehkan keluar untuk waktu yang singkat pada dini hari, untuk berolahraga, makan, minum dan pergi ke toilet.

Udara masuk melalui lubang kecil yang membuka ke halaman.

"Setelah lima hari tidak mungkin lagi untuk bertahan," kata Annie.

"Bayangkan jika para biarawati ditangkap," tambahnya.

Hari-hari tersembunyi di bawah tanah menandai Annie seumur hidup - dia telah tidur dengan lampu malam sejak saat itu. Hélène cukup beruntung untuk ditampung sebagai gantinya dengan keluarga setempat.

Meskipun mereka tidak memasuki biara, SS meninggalkan jejak kehancuran tepat di depan pintu biara.

"Kami menemukan beberapa maquisards [anggota Maquis] yang telah terbunuh dan terlempar di jalan. Jerman memberi contoh agar yang lain tidak melawan," kata Annie.

Suster Denise ingin memberi penghormatan kepada orang mati dan meminta Annie membantunya menempatkan bunga di setiap mayat.

Pada bulan Juni 1944, Das Reich diperintahkan ke utara untuk bergabung dalam upaya mengusir pendaratan Sekutu di Normandia. Dalam perjalanannya, mereka mengambil bagian dalam dua pembantaian yang dirancang untuk menghukum penduduk setempat atas aktivitas Maquis di daerah tersebut. Kemudian, setibanya di Normandia, Das Reich dikepung oleh Divisi Lapis Baja ke-2 AS dan dihancurkan, kehilangan 5.000 orang dan lebih dari 200 tank dan kendaraan tempur lainnya.

 

"Notre Dame de la Guerre"

Setelah Perancis selatan dibebaskan, pada Agustus 1944, anak-anak Yahudi perlahan-lahan meninggalkan biara. Albert Seifer dipertemukan kembali dengan keluarganya, termasuk ayahnya, yang kembali hidup-hidup dari Auschwitz.

Annie dan Hélène tidak seberuntung itu.

Meskipun bibi mereka selamat, orang tua dan adik perempuan mereka, Ida, dibunuh di Auschwitz.

Annie menetap di Toulouse, menikah, memiliki anak dan baru-baru ini menjadi nenek buyut. Dia masih rutin bertemu Albert, sekarang berusia 90 tahun.

Hélène menikah dan memiliki seorang putra, menetap di Richmond, London barat. Berusia 94 dan 90 tahun, para suster melakukan perjalanan antara London dan Toulouse untuk bertemu sesering mungkin.

Mereka menyebut Suster Denise sebagai "Notre Dame de la Guerre" - Nyonya Perang Kita.

Mereka sedih untuk mengucapkan selamat tinggal padanya, dan secara teratur mengunjunginya selama sisa hidupnya.

Ketika anak-anak Annie masih kecil, dia sering membawa mereka, untuk menjaga periode sejarah ini tetap hidup bagi mereka - pengingat terus-menerus tentang apa yang orang-orang Yahudi alami.

Suster Denise tetap tinggal di biara dan terus bekerja sampai kematiannya pada tahun 2006 pada usia 94 tahun. Belakangan dalam hidupnya dia membantu anak-anak yang kurang beruntung, dan kemudian imigran dari Afrika Utara.

Pada tahun 1980, dia dihormati oleh Holocaust Memorial Center, Yad Vashem, sebagai Orang yang Bertindak Patut di Antara Bangsa. Sebuah jalan dinamai menurut namanya di Capdenac, tetapi selain itu, satu-satunya tugu peringatan ada di halaman biara.

Pada tugu itu tertulis: "Pohon cedar ini ditanam pada tanggal 5 April 1992 untuk mengenang penyelamatan 83 anak Yahudi (dari Desember 1942 hingga Juli 1944) oleh Denise Bergon… atas permintaan Monsinyur Jules-Geraud Saliège, uskup agung Toulouse."

Pohon itu berada dekat dengan tempat di mana Suster Denise mengubur perhiasan, uang, dan barang berharga yang ditinggalkan orang tua - dan yang dia berikan kembali, tak tersentuh, setelah perang untuk membantu keluarga memulai kembali.

--- Simon Leya

Komentar